Review Bedah Film Jakarta Unfair – HIFEST 2018

Oleh : Mochammad Mihram (HI 2015)

Film Jakarta Unfair adalah sebuah film documenter yang disutradarai oleh Sindy Febriyani & Dhuha Ramadhani yang merupakan seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Keduanya terinspirasi membuat film documenter ini karena adanya penggusuran yang terjadi dijakarta dengan alasan pemerintah sebagai “penertiban”. Selain itu, fil Jakarta unfair ini muncul sebagai sebuah counter wacana atas wacana yang tersebar di media-media mengenai penggusuran, bahwa penggusuran itu baik untuk menertibkan dan agar Jakarta tak banjir lagi. Di media-media yang ada, selalu hanya menampilkan dari sisi pemerintah saja dan tidak pernah menampilkan bagaimana keadaan dari korban tergusur sehingga film Jakarta unfair dibuat untuk benar-benar menceritajan dan mengetahui bagaimana perasaan dan keadaan korban tergusur pasca penggusuran yang di lakukan.

Penggusuran yang tergambarkan dari film Jakarta unfair ini, adalah penggusuran yang terjadi secara sepihak dan tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Titik penggusuran yang dilakukan merupakan tempat strategis yang ada di Jakarta. Penggusuran dikawasan strategis dilakukan agar pembangunan yang akan menjadi sektor produksi jadi lebih mudah dijangkau. Penggusuran yang juga tergambar dari film Jakarta unfair ini merupakan sebuah “pengasingan, kenapa ? karena dari tempat sebelumnya dimana masyarakat bisa dengan mudah mengakses segala kebutuhan termasuk pekerjaan mereka. Tetapi penggusuran membuat mereka menjadi jauh dari segala akses tersebut sehingga penggusuran memunculkan masalah baru yaitu pengangguran.

Solusi yang ditawarkan dari pemerintah untuk penggusuran yang mereka lakukan adalah pembangunan rumah susun yang tempatnya pun jauh dari tempat kerja mereka sebelumnya. selain itu, rumah susun yang menjadi solusi dari pemerintah nyatanya hanya menjawab permasalahan tempat tinggal tapi tidak untuk permasalahan hidup lainnya. perampasan ruang hidup yang terjadi di film Jakarta unfair ini adalah sebuah kisah yang tidak ditampilkan oleh media-media nasional lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar