TRAINING ADVOKASI

Mendengar kata Advokasi, mungkin menimbulkan beberapa pandangan yang berbeda dibenak kita. Singkatnya, Advokasi merupakan upaya pendekatan terhadap orang lain yang dianggap mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan. Oleh karenanya sasaran advokasi adalah para pemimpin atau pengambil atau pembuat kebijakan baik institusi maupun swasta yang tentunya memerlukan perencanaan yang cermat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini menjadi dasar HIMAHI FISIP UNHAS untuk melaksanakan sebuah kegiatan yaitu Training Advokasi.

Training Advokasi HIMAHI FISIP UNHAS dengan bertemakan “Realize the Base” telah dilaksanakan pada Senin-Kamis, 11-14 Desember 2017 di FISIP UNHAS. Tema tersebut diambil dengan didasarkan pada pengadaan ruang keadvokasian yang berorientasi pada penyadaran peserta kegiatan, mengenai pentingnya mengetahui urgensi maupun prosesi advokasi agar pembasisan mampu diimplementasikan secara efektif dan efisien dalam memandang realitas sosial. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar advokasi, strategi advokasi serta hubungan HIMAHI dengan keadvokasian.

Adapun rangkaian kegiatan ialah pemberian materi, yang difasilitasi oleh Internal HIMAHI bahkan dari eksternal lembaga. Dasar-Dasar Advokasi yang difasilitasi oleh A.Aulia Hardina Hakim dan Rahmadani; Strategi Advokasi oleh Ahmad Asrul Aswar dan Fandy (WALHI SULSEL); Riset dan Advokasi oleh Syahrul Rauf, S.IP dan Muh. Amri Murad (LAW UNHAS); Media dan Propaganda oleh Khaerul Akmal Ashar; dan Manajemen Aksi oleh Ryan Akmal Suryadi dan Fadli Anggara Putra. Selain itu, terdapat pula Simulasi Konsolidasi sebagai bentuk implementasi dari materi yang telah diberikan. Rangkaian kegiatan diikuti oleh segenap elemen HIMAHI FISIP UNHAS, bahkan dihadiri oleh beberapa anggota lembaga eksternal lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar