LOI 2017

Fase Perekrutan II HIMAHI FISIP UNHAS dengan nama Latihan Orientasi Ilmiah (LOI) telah digelar. LOI 2017 mengangkat tema “Know to Say No”, dengan tujuan memberikan landasan ilmiah dalam keberpihakan kepada peserta kegiatan (mahasiswa baru HI 2017). Jika sebelumnya di ORASI 2017 yang lebih memfokuskan pada nilai kemahasiswaan dan keorganisasian peserta telah diberikan pemahaman mengenai keberpihakan terhadap realitas sosial, maka di LOI 2017 ini lebih memfokuskan akan nilai keilmuan. Di kegiatan ini peserta ingin dipahamkan bahwa keberpihakan tak hanya didukung moralitas namun juga dibutuhkan ilmu sehingga tak sekadar berpihak tetapi mengetahui mengapa harus berpihak. Selain berpikir ilmiah, peserta juga ingin dipahamkan mengenai basis analisis ilmu HI dan mentalitas belajar.

Pra-kegiatan LOI 2017 dilaksanakan pada 6-16 November 2017 di Kampus Unhas Tamanlanrea. Adapun rangkaian pra-kegiatan ialah diskusi Teori, Konsep & Paradigma, Sejarah & Filsafat Marx, Kapitalisme, Strukturalisme HI (Pengantar serta Teori & Konsep) baik dengan metode kelas besar maupun kelas kecil dan kelas pelatihan agar memberikan pemahaman terkait penulisan. Peserta kegiatan diberikan Refleksi dan Mind-Mapping sebagai metode evaluasi tiap berakhirnya item kegiatan. Puncak kegiatan LOI 2017 dilaksanakan di Training Centre GKSS, Jumat-Minggu, 17-19 November 2017 dimana peserta difokuskan untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah populer terkait isu Gender, Lingkungan, Pangan, dan Pendidikan yang dianalisis menggunakan perspektif Strukturalisme. Output kegiatan LOI 2017 ialah tulisan yang dihasilkan oleh peserta kegiatan, yang beberapa diantaranya kemudian dipresentasikan.

“LOI 2017 memberikan kesan yang sangat baik bagi saya, tidak hanya menjadi tantangan yang cukup seru dalam mengaplikasikan pengetahuan saya namun juga mendekatkan saya dengan teman seangkatan saya & juga para kakak serta alumni yang sempat hadir pada kegiatan tersebut” ujar A. Zufar Abram (HI 2017) saat ditanyai mengenai kesan pesan selama mengikuti rangkaian LOI 2017.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar