HIERS CAMP 2017

Pada tanggal 23 Januari 2017 hingga 29 Januari 2017, HIMAHI FISIP UNHAS telah sukses mengadakan fase perekrutan ketiga yang sekaligus menjadi fase perekrutan terakhir bagi mahasiswa baru HI 2016. Kegiatan ini bernama HIERS CAMP yang bertempat kegiatan di dua tempat yaitu Makassar dan Desa Bontolojong, Bantaeng.

Rangkaian kegiatan ini dibuka pada tanggal 23 Januari 2017 oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Rahmat Muhammad bertempat di Ruang B LEMA FISIPUNHAS, Makassar. Kegiatan HIERS CAMP pun dimulai dengan berbagai kegiatan, seperti kegiatan sosial yakni berkunjung ke rumah panti asuhan dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang menyenangkan. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat pada HIERS CAMP kali ini yaitu, Belajar, Berbagi dan Berbahagia, dimana dalam rangkaian kegiatan ini, semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan tidak hanya merasakan kebahagiaan tapi juga belajar hal-hal baru dan berbagi kebahagiaan dengan orang sekitarnya.

Kegiatan HIERS CAMP pun berlanjut ke Desa Bontolojong, Bantaeng yang direncanakan akan berlangsung selama 4 hari. Cuaca yang cukup buruk di hari pertama, telah mematahkan tenda yang dipasang hingga akhirnya memaksa semua pihak untuk bermalam di salah satu rumah warga yaitu rumah Pak Ramli. Meskipun begitu, kegiatan tetap berlangsung yaitu malam perkenalan.

Kegiatan berlangsung dengan sangat baik di hari kedua. Peserta kegiatan melakukan bakti sosial di wilayah sekitar kegiatan yaitu membersihkan pekarangan masjid serta turut pula membantu Pak Ramli memanen bawang. Cuaca yang cerah berhasil membantu dalam kesuksesan kegiatan di hari itu.

Kegiatan-kegiatan lainnya terus berlangsung seperti malam sare-sare, serta HI-TRACKING, dimana peserta kegiatan di ajak untuk menelusuri daerah di sekitar kegiatan dengan mendaki. Sekali lagi, cuaca sangat mendukung berlangsungnya kegiatan. Interaksi antara mahasiswa baru 2016 serta anggota HIMAHI berhasil meningkatkan kedekatan peserta dengan anggota HIMAHI. Terlebih memang, kuantitas alumni HIMAHI FISIP UNHAS cukup banyak yang hadir, sehingga banyak mahasiswa baru yang bertemu dengan alumni-alumni yang notabene sudah jarang hadir di kampus. Selain berinteraksi dengan anggota HIMAHI, para peserta juga tidak segan bersenda gurau dan bercanda bersama dengan sang pemilik rumah.

Sebagai penutup, di hari terakhir, dilakukan pengukuhan kepada seluruh anggota baru HIMAHI FISIP UNHAS yang merupakan mahasiswa HI 2016, dan dilanjut dengan menyanyikan lagu Heal The World. Meskipun hujan turun saat lagu Heal The World dinyanyikan, setiap orang tetap menyanyikan lagu tersebut hingga berakhir. Rangkaian kegiatan HIERS CAMP pun berakhir dengan kembalinya seluruh pihak kembali ke Makassar. Tak lupa, mengucapkan terima kasih kepada sang pemilik rumah karena sudah menerima banyak orang dalam kegiatan ini untuk bisa bermalam di rumahnya.

Dalam HIERS CAMP ini, seperti fase-fase perekrutan sebelumnya, juga membawa nilai-nilai KEHIMAHIAN yaitu Kemanusiaan dan Kebangsaan. Hal ini tentunya melengkapi fase sebelumnya yang sudah mengangkat nilai Kemahasiswaan dan Keorganisasian dalam kegiatan INTRO 2016, serta nilai Keilmuan dalam kegiatan LOI 2016. Namun, selain sebagai bentuk kegiatan fase perekrutan, HIERS CAMP sendiri membawa tujuan lainnya. “HIERS CAMP yang identik sebagai ‘liburannya anak HI’, memang jadi daya tarik sendiri bagi banyak anggota HIMAHI untuk hadir dan meramaikan. Karena itu, kami juga memanfaatkan HIERS CAMP untuk mengenalkan mahasiswa HI 2016 kepada anggota HIMAHI yang hadir dalam kegiatan,” kata Wais Anugrah (HI 2015) selaku Ketua Panitia HIERS CAMP.

Meskipun merupakan salah satu bagian dari fase perekrutan, HIERS CAMP memang dipandang sebagai sebuah fase perekrutan yang menyenangkan. Terlebih dengan berbagai item kegiatan didalamnya. Tak salah jika HIERS CAMP mampu menarik banyak pihak untuk bisa turut ikut serta. Selain itu, HIERS CAMP juga tidak dapat dielakkan, telah memberikan hal-hal yang berkesan. “Salah satu yang diingat ya, kalo makan satu piring berdua sama kakak-kakak. Biasa nggak kenyang. Tapi yang penting, HIERS CAMP seru,” ujar Ainil, mahasiswa HI 2016 yang menjadi salah satu peserta kegiatan dalam suatu perbincangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar