UKH Week HIMAHI FISIP UNHAS

Unit Kegiatan Himpunan HIMAHI FISIP UNHAS merupakan unit kegiatan yang dibentuk oleh anggota HIMAHI FISIP UNHAS untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional. Kali ini, HIMAHI FISIP UNHAS mengadakan kegiatan weekend yang bernama UKH Week selama kurang lebih seminggu. Kegiatan ini dilakukan juga untuk lebih mengenalkan UKH yang telah dibentuk seperti LC Jerman, HI Cook, SekolaHI, ARTIC, HIPograph dan HIperbola.

Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan oleh UKH HI Cook dengan diskusi yang berjudul “1000 Hari Pertama Kehidupan, Makanan, Gizi Dan Kemiskinan” oleh Muh. Zaifullah, S.KM (salah satu lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS) di Pelataran Baruga A.P Pettarani UNHAS pada tangal 22 November 2016. Materi yang dibawakan cukup menarik para peserta terkhusus bagi perempuan, dengan menanyakan tips trik dalam membuat makanan dengan tidak lagi menggunakan konsep 4 sehat 5 sempurna melainkan menggunakan konsep gizi seimbang.

Hari selanjutnya, dilaksanakan kegiatan nonton film oleh LC Jerman “Lachen In Verein”  (artinya tersenyum dalam kebersamaan) yang berjudul Eine Frau in Berlin, dalam bahasa inggris diartikan sebagai “A Woman in Berlin” di Ruang B LEMA FISIP UNHAS oleh Nurafiah Mustafa (HI 2015). Film ini mengisahkan tinjauan historis tentang front Timur dalam Perang Dunia ke-2, khususnya antara Jerman vs Uni Sovyet. Berasal dari kisah nyata seorang jurnalis perempuan yang menjadi tokoh utama dalam film ini, yang selalu menuliskan segala sesuatu dalam buku hariannya di bawah pendudukan Tentara Merah di Berlin. Berbekal kemampuan berbahasa Rusia, perempuan jurnalis ini memutuskan untuk mencari perwira dengan pangkat tertinggi yang berkuasa di areal dekat apartemennya untuk melindunginya dari tentara yang ‘nakal’, ia dapat menarik perhatian seorang mayor dan akhirnya ia mendapat perlindungan  maupun stok makanan dari sang mayor tersebut dan menjadikan dirinya sebagai seorang “selir”.

Di hari Ketiga, dilaksanakan kegiatan kelas Design Graphis oleh Ahmad Aufar (HI 2013). Kegiatan ini memberikan informasi terkait pengertian desain grafis dan program-program yang biasa digunakan untuk desain grafis, yang dilaksanakan di Taman Sospol UNHAS, dengan pembawaan diskusi yang tidak kaku dan berada di dalam ruangan yang kecil. Terakhir, kegiatan SekolaHI bertemakan PLAYBACK yang dilaksanakan di samping danau UNHAS (dekat masjid kampus). Di mana dalam kegiatan ini, dilaksanakan games tradisional yaitu Asing-asing dan Benteng. Semua peserta antusias dengan permainan masa kecil ini. Sorak-sorai penonton pun tak kalah hebohnya disertai dengan suguhan minuman dan snack. Permainan ini mengingatkan akan masa-masa bermain semasa kanak-kanak dulu. Sebelum bermain, setiap orang dapat menceritakan permainan semasa kecilnya. Kemudian, tiap orang dibagi menjadi 2 kelompok yang berlawanan. Seluruh rangkaian kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Sampai jumpa di UKH Week selanjutnya dan jangan lupa tetap up to date dengan kegiatan kami. Salam HIMAHI, Salam Kreativitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar