Workshop Usaha Kreatif: Think Creative Be Innovative

 

Departemen Dana dan Usaha Kreatif HIMAHI FISIP UNHAS melaksanakan kegiatan Workshop Usaha Kreatif dengan tema ”Think Creative, Be Innovative” pada hari Minggu 6 November 2016 di Koridor Lantai 1 FIS IV, FISIP Unhas. Kegiatan ini memiliki dua tujuan, yaitu sebagai wadah untuk mentransformasi nilai-nilai gerak pencarian dana dalam HIMAHI FISIP UNHAS dan untuk meningkatkan kreativitas kader dalam melakukan pencarian dana. Kegiatan ini diikuti oleh warga dan pengurus harian HIMAHI FISIP UNHAS.

Setelah pembukaan, peserta kegiatan wajib menuliskan metode pencarian dana yang baru dan dianggap inovatif pada selembar sticky note. Hal ini dilakukan agar peserta dapat berpikir kreatif dalam menemukan ide metode pencarian dana yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setelah itu, peserta melakukan Focus Group Discussion. Peserta kegiatan dibagi menjadi 3 kelompok lalu masing-masing kelompok diberikan satu kertas secara acak. Kertas tersebut berisi kasus masalah pencarian dana yang biasanya dihadapi oleh kepanitiaan maupun departemen Dana dan Usaha Kreatif itu sendiri. Masing-masing kelompok diberi waktu 15 menit untuk mendiskusikan dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Setelah itu mereka pun mempresentasikan hasil Focus Group Discussion nya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pemberian materi “Pendanaan HIMAHI” dan “Manajemen Masalah dalam Pencarian Dana HIMAHI” yang difasilitatori oleh Istikhara Zainuddin (HI 2013) dan Adriansyah Wijaya, S.IP (HI 2011). Diskusi ini bertujuan agar peserta dapat  mentransformasikan nilai-nilai HIMAHI FISIP UNHAS dalam melakukan pencarian dana dalam setiap kegiatan dan juga dapat memberikan solusi terhadap berbagai kendala dalam melakukan pencarian dana di HIMAHI FISIP UNHAS.

Setelah diskusi, kegiatan ditutup dengan yang dinanti-nanti, yaituFun Cooking. Satu kelompok diberikan satu bahan utama untuk dikreasikan dan diharapkan dapat memiliki nilai jual dalam pencarian dana. Peserta terlihat antusias dalam melakukan kegiatan ini. Berbagai alat masak dan bahan pelengkap disediakan agar peserta bebas untuk berkreasi. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan suasana santai, cara pemateri menyampaikan materi juga sangat menarik sehingga peserta semangat dalam mengikuti materi. Salam HIMAHI, Salam Kreativitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar