LOI 2016: Knowing is Owning

Kegiatan fase perekrutan tahap kedua HIMAHI FISIP UNHAS yang bernama Latihan Orientasi Ilmiah kembali dilaksanakan. Kegiatan ini terdiri dari pra yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 10 November 2016  dan hari H berlangsung selama 11 November hingga 13 November 2016. Tujuan dari dilaksanakannya LOI 2016 tahun ini adalah sebagai wadah dalam pengenalan dan pemahaman calon anggota mengenai kerangka berpikir ilmiah, sebagai wadah untuk meningkatkan mentalitas belajar calon anggota dan juga sebagai instrumen identifikasi pemahaman calon anggota di bidang keilmuan.

Selama pra LOI 2016, peserta banyak diberikan materi dengan metode kelas besar.Metode ini dilaksanakan agar dapat mentransformasikan keilmuan berupa teori dan tema dalam pendekatan post-positivisme, seperti materi teori kritis, post-modernisme, feminisme, serta teori hijau. Selain itu terdapat materi yang mendukung pembuatan tulisan berupa metode penelitian sosial dan cara kepenulisan.

Hari H LOI 2016 dilaksanakan selama 3 hari 2  malam di STIE AMKOP, Jalan Meranti Raya No. 1, Makassar. Kegiatan ini dibuka di Ruang B LEMA FISIP UNHAS dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni, Perwakilan Departemen Ilmu Hubungan Internasional, serta BEM FISIP UNHAS. Pembukaan dimaksudkan sebagai simbol pelepasan calon anggota untuk mengikuti hari H LOI. Pemberian materi ke peserta LOI 2016 tetap diberikan selama hari H berlangsung. Materi yang diberikan bertujuan memperdalam pemahaman tentang kerangka berpikir ilmiah dan mentalitas belajar bagi calon anggota.

Pemberian materi dengan metode FGD dilaksanakan dengan pen-transformasian keilmuan berupa isu-isu sosial yang akan dibedah oleh teori-teori post-postivisme. Isu-isu sosial tersebut adalah pangan, pendidikan, lingkungan, dan gender yang akan dibawakan oleh pemateri-pemateri yang telah ahli di bidang isu tersebut. Pemberian ini bertujuan untuk memaparkan fenomena-fenomena terkait isu dan perspektif. Materi dibawakan oleh yang ahli di bidang tersebut dan setelah itu diadakan FGD dengan membagi calon anggota menjadi delapan kelompok dengan dua orang dari masing-masing teori. Setiap kelompok juga difasilitatori oleh kakak damping ataupun orang yang mampu mengarahkan jalannya pertukaran informasi dari masing-masing perspektif dalam melihat satu isu yang sama.

Sebagai bentuk akumulasi dari materi-materi dalam pendekatan post-positivisme dan metode penelitian sosial serta kepenulisan, peserta juga mengikuti item penulisan artikel ilmiah populer.Pada penulisan artikel ini, peserta mengkaji isu-isu akan melalui perspektif atau teori yang telah diberikan pada pra-LOI.Sebagai ice breaking, peserta mengikuti games.

Pada hari ketiga LOI, beberapa peserta dipilih untuk memaparkan hasil tulisannya. Setiap kelompok dipilih satu peserta untuk mempresentasikan tulisannya berdasarkan perspektifnya. Setelah ishoma, sebagai bentuk apresiasi dan sebagai ice breaking kepada peserta, dilakukan item pemberian reward. Reward diberikan berdasarkan kepada sikap dan perilaku yang dilakukan selama pra sampai hari-H LOI.

Kegiatan LOI 2016 ditutup oleh Ketua Panitia LOI 2016 Devina Wijaya dan Ketua HIMAHI FISIP UNHAS Zulmi Zuliansyah kemudian menyanyikan Heal The World bersama. HIMAHI FISIP UNHAS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Latihan Orientasi Ilmiah 2016, baik selama pra kegiatan maupun selama hari H kegiatan berlangsung. Semoga kegiatan ini memberi manfaat kepada semua pihak. Salam HIMAHI, Salam Kreativitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar