INTRO 2016: Konstruksi Pemikiran dan Sikap Kritis

INTRO 2016 merupakan kegiatan fase perekrutan tahap pertama HIMAHI FISIP UNHAS. Nama Intro diambil dari kata introduction dengan arti pengenalan yang sejalan dengan tujuan kegiatan ini yakni untuk memberikan pengenalan atas identitas barunya sebagai mahasiswa, serta organisasi sebagai wadah pengimplementasian pemahaman calon anggota sebagai mahasiswa. INTRO tahun ini mengambil tema  “konstruksi pemikiran dan sikap kritis”. Dimensi yang dibawah di kegiatan INTRO 2016 ini yakni dimensi kemahasiswaan dan dimensi keorganisasian.

Kegiatan INTRO 2016 ini memiliki dua bagian kegiatan, Pra kegiatan INTRO dan Hari H INTRO yang dimulai pada tanggal 26 September 2016 – 9 Oktober 2016. Selama pra kegiatan INTRO 2016, Mahasiswa baru 2016 diberikan diskusi mengenai kemahasiswaan yang merupakan pengantar untuk pengenalan terhadap dimensi pertama yang bertujuan untuk memahami bagaimana identitas mahasiswa yang mencakup tanggung jawab moral, sosial, dan intelektual mahasiswa, serta bagaimana dinamika pergerakan mahasiswa yang ada dari dulu hingga sekarang dalam dunia kemahasiswaan. Setelah mereka diskusi mengenai kemahasiswaan, mereka lalu diberikan diskusi pengantar isu reklamasi lalu bedah artikel mengenai isu yang dikawal selama kegiatan INTRO 2016. Dalam mengamati isu yang dikawal selama kegiatan INTRO 2016 ini, mereka juga melakukan kegiatan turun lapangan untuk mengamati secara langsung bagaimana keadaan orang-orang yang mengalami dampak akibat reklamasi yang dilakukan. Lokasi turun lapangan tersebut dilaksanakan di area Center Point of Indonesia, Makassar. Turun lapangan merupakan kegiatan terakhir sebelum mereka melakukan aksi penolakan terhadap reklamasi. Aksi ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk menumbuhkan kesadaran mereka akan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Aksi juga diadakan untuk merealisasikan dimensi kemahasiswaan sebagai salah satu bentuk pergerakan mahasiswa.

Dimensi kedua yang dibawa dalam kegiatan INTRO 2016 ini yaitu keorganisasian. Item kegiatan yang dilaksanakan untuk pengenalan terhadap dimensi kedua ini yakni, diskusi keorganisasian yang terdiri dari diskusi filsafat keorganisasian, dasar-dasar organisasi, serta lembaga kemahasiswaan. Item kegiatan lainnya yaitu diskusi keHIMAHIan yang merupakan materi yang menjadi penghubung dimensi kemahasiswaan dan keorganisasian. Diskusi ini bertujuan untuk memperkenalkan HIMAHI secara struktural dan kultural. Item kegiatan terakhir sebelum memasuki hari H INTRO 2016 yakni, organisir kegiatan. Organisir kegiatan merupakan item dimana calon anggota akan dibentukkan sebuah struktur kepanitiaan untuk membuat sebuah kegiatan berdasarkan konsep yang telah diberikan oleh kepanitiaan. Mahasiswa Baru 2016 berhasil melaksanakan organisir kegiatan dengan baik, mereka membuat kegiatan berupa kampanye kreatif menolak reklamasi dengan nama kegiatan TEROESIR 2016.

Hari H INTRO 2016 dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2016 yang diawali dengan jogging dan senam bersama oleh Mahasiswa Baru 2016. Setelah jogging dan senam bersama, Mahasiswa Baru 2016 dievaluasi untuk mengetahui dan mengukur pemahaman terhadap dimensi kemahasiswaan, keorganisasian dan nilai ke-HIMAHI-an. Setelah evaluasi selesai, kegiatan INTRO 2016 ditutup dengan menyanyikan lagu “Heal the World” bersama-sama.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar