Latihan Orientasi Ilmiah 2015

suasana Diskusi Isu Kajian di Gedung Pemuda KNPI jl. Pajjaiang, Sudiang, oleh peserta Latihan Orientasi Ilmiah 2015 HIMAHI FISIP UNHAS

suasana Diskusi Isu Kajian di Gedung Pemuda KNPI jl. Pajjaiang, Sudiang, oleh peserta Latihan Orientasi Ilmiah 2015 HIMAHI FISIP UNHAS

Oleh: Departemen HUMAS dan INFOKOM HIMAHI FISIP UNHAS periode 2015/2016

Mahasiswa merupakan kaum intelektual atau sosok yang mendalami disiplin ilmu tertentu secara mendalam. Dengan kelebihan dan tangungjawabnya di bidang keilmuan, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat, baik berupa analisis maupun solusi konkret atas masalah-masalah tersebut. Maka dari itu, HIMAHI FISIP UNHAS menginisiasi pembukaan ruang-ruang pikiran, berdialektika, dan diskusi ilmiah sebagai bentuk perwujudan dimensi keilmuan dalam lingkup fase perekrutan yang bernama Latihan Orientasi Ilmiah (LOI) 2015.

Latihan Orientasi Ilmiah 2015 yang diinisiasi oleh HIMAHI FISIP UNHAS ini adalah fase perekrutan kedua yang melibatkan mahasiswa baru Ilmu Hubungan Internasional 2015 sebagai peserta yang menitik-beratkan pada pemahaman tentang tanggungjawab keilmuan, mentalitas belajar, dan basis analisis ilmu HI yaitu grand paradigma; Realisme, Liberalisme, dan Strukturalisme, yang dikaji lebih komprehensif (berbeda dengan pemberian materi terkait grand paradigma di Diskusi Rutin sebelumnya).

Pemberian item-item kegiatan pada fase perekrutan ini dibagi menjadi 2 bagian, pada Pra-kegiatan dan pada Hari-H kegiatan. Pra-kegiatan diadakan pada tanggal 9-19 November 2015 yang diisi dengan diskusi terkait grand-paradigma dan pembuatan mind-mapping berdasarkan hasil diskusi yang kemudian dipresentasikan oleh tiap peserta. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yang dimulai pada tanggal 20-22 November 2015.

Kegiatan inti fase perekrutan ini dibuka dengan opening ceremony oleh Ketua HIMAHI UNHAS periode 2015-2016 (Muh. Andi Reza Vikariansyah) Sekretaris Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (Pusparida Syahdan), Ketua BEM FISIP UNHAS (Saleh), dan perwakilan dari Wakil Dekan III FISIP UNHAS yang juga dihadiri oleh delegasi HIMAPEM UNHAS, HUMANIS UNHAS, HUMAN UNHAS, KEMASOS UNHAS, KOSMIK UNHAS, HIMAPOL UNHAS, dan HIMAHI UNIFA.

Setelah pembukaan selesai, seluruh peserta kemudian berangkat ke lokasi fase perekrutan, Gedung Pemuda KNPI jl. Pajjaiang, Sudiang. Beberapa jam setelah sampai, agenda dalam kegiatan inti pun dimulai. Diskusi Panneling yang difasilitatori oleh Aswin Baharuddin (Dosen HI UNHAS/HI 2004), Agus Salim (Dosen HI UNHAS/HI 1994), Arief Wicaksono (Dosen HI UNIBOS 45/HI 1994) menjadi agenda pertama selepas para peserta sampai di lokasi kegiatan. Diskusi Panneling ini berfokus pada studi kasus dan melatih kemampuan peserta dalam menganalisis isu-isu kajian dengan menggunakan teori-teori yang telah dipelajari pada Pra-Kegiatan. Latihan analisis pun dilanjutkan dengan metode berbeda yang diramu dalam agenda Bedah Film dan kemudian dipaparkan secara bergantian oleh peserta pada agenda Role Play dengan menggunakan grand paradigma.

LOI 2015 pada dasarnya telah dimulai pada tahun 1996. Dengan esensi yang mengalami perkembangan dan memiliki metode yang kondisional tiap tahun dalam perwujudan tujuannya, fase perekrutan ini diharapkan mampu menjadi ruang belajar yang efektif dan mampu memberi kontribusi dalam pencarian jawaban terkait permasalahan klise mahasiswa kontemporer (baca: apatis dalam memanfaatkan keilmuannya pada realitas sosial), terkhusus kepada mahasiswa baru Ilmu Hubungan Internasional 2015 Universitas Hasanuddin. Juga, hal-hal yang telah diperoleh dalam kegiatan ini (baik dari sisi keilmuan maupun hal-hal lainnya) mampu ditumbuh–kembangkan bagi siapapun yang telah terlibat agar spirit yang kegiatan ini ingin sampaikan (secara tersirat ataupun tersurat) tidak berhenti sejurus dengan berakhirnya fase perekrutan kedua ini, melainkan akan mengalami proses dan terus berkembang sebagaimana kaderisasi bekerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar