INTRO 2015

INTRO 2015

Sebagai mahasiswa baru angkatan 2015 di jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan calon kader HIMAHI, tentunya pemahaman akan nilai-nilai ke-HIMAHI-an yang dimiliki pun masih kurang. Pemahaman terkait status dan peran seorang mahasiswa dan pentingnya aspek-aspek keorganisasian dalam mengimplementasikan sikap menjadi concern utama dari penanaman nilai ini. Oleh karena itu, sebagai bentuk usaha penanaman nilai-nilai (khususnya kemahasiswaan dan keorganisasian), HIMAHI FISIP UNHAS mengadakan fase pengaderan tahap pertama yang bernama “INTRO 2015” dengan tema “Shaping Identity to Transform Reality” yang dimulai pada tanggal 4 Oktober 2015 dan berakhir pada tanggal 18 Oktober 2015.

Sesuai dengan temanya, fase pengkaderan ini bertujuan untuk membentuk Mahasiswa baru agar bisa bertindak dan menghadapi realitas sesuai dengan identitasnya sebagai Mahasiswa, dan bagaimana penggunaan Organisasi sebagai wadah untuk bertindak. Dua hal ini tentunya menjadi hal paling dasar yang harus dipahami oleh para Mahasiswa baru sebagai pihak yang baru saja menyandang status sebagai Mahasiswa. Dalam INTRO 2015 ini, selama seminggu Mahasiswa baru diberikan berbagai macam kegiatan, seperti diskusi mengenai kemahasiswaan dan keorganisasian, bedah film, dan studi lapangan dimana para Mahasiswa baru mengunjungi beberapa organisasi eksternal HIMAHI, seperti BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat, BEM Keluarga Mahasiswa Fakultas Sastra, dan LAW Unhas. Hal ini bertujuan agar pemahaman Mahasiswa baru mengenai Keorganisasian menjadi lebih luas.

Setelah pemahaman-pemahaman terkait kemahasiswaan dan keorganisasian tersebut diberikan, mahasiswa baru kemudian diarahkan untuk mengadakan sebuah kegiatan yang menjadi bentuk pengimplementasian pemahaman yang mereka dapatkan. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa baru diharapkan dapat mengangkat isu-isu terbaru yang terjadi di UNHAS dan menyikapinya sesuai dengan nilai-nilai Kemahasiswaan yang telah mereka dapatkan. Para Mahasiswa Baru pun diberi waktu selama seminggu untuk menyusun kegiatan.

Akhirnya, pada Sabtu, 17 Oktober 2015, para Mahasiswa baru berhasil mengadakan kegiatan bernama “DISTORSI 2015: PENDIDIKAN SETARA TANPA KOMERSIALISASI, LIBERALISASI, DAN PRIVATISASI” dengan tema “Say No To PTN-BH” di Tugu Tridharma Perguruan Tinggi UNHAS yang mengangkat pokok permasalahan terkait UNHAS yang telah memegang status PTN-BH, dan juga karena perubahan tersebut cenderung mengarahkan lembaga-lembaga pendidikan menjadi lembaga yang profit-oriented dan pada akhirnya mengesampingkan nilai-nilai pendidikan.

Dalam kegiatan ini, terdapat beberapa item acara yaitu, Pembacaan Puisi, Acoustic, Diskusi Publik tentang PTN-BH yang dibawakan oleh Kak Rial (2012), dan Kak Aswin (Dosen HI-Unhas), Silent Action oleh mahasiswa baru HI UNHAS 2015. Selain itu, ada juga lapak buku, infografis, dan gallery

Setelah kegiatan INTRO 2015, penerapan pemahaman terkait dua entitas ini tidak hanya terlihat dalam kegiatan-kegiatan saja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari agar identitas mahasiswa yang disandang tidak hanya menjadi sekedar status tetapi juga menjadi acuan untuk berperan lebih sebagai sosok yang memiliki tanggungjawab moril dan keilmuan dalam kehidupan sosial.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar