Kelas Kesekretariatan

11150591_10205006548138883_3244573583606682095_n

Pada hari Jum’at lalu (11/09/15), Departemen Kesekreatriatan dan Inventaris HIMAHI FISIP UNHAS mengadakan sebuah kelas yang bertujuan untuk mengupgrade pemahaman kader terkait pedoman kesekreatrian dan administrasi lembaga yang diberi nama Kelas Kesekretariatan. Kelas ini diadakan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan Pengurus Harian HIMAHI FISIP UNHAS periode 2015/2016 terkait pembekalan softskill dalam ranah kesekretariatan dan ketatausahaan, khususnya untuk kader yang akan mengemban tanggungjawab dalam kepanitiaan dan kepengurusan lembaga selanjutnya.

Kelas terjadwalkan mulai pada pukul 13.00 WITA dan animo peserta telah terlihat cukup antusias. Ditambah lagi dengan pembawaan materi dari para fasilitator (Zulmi Zuliyansyah, Patrisius Pappang, dan Fadhlatur Risdah) yang menarik dan cukup komunikatif kepada para peserta menjadi daya tarik tersendiri untuk mempelajari dan memahami lebih jauh hal-hal yang berkaitan dengan kesekretariatan dan ketatausahaan yang pada umumnya bersubstansi kaku. Konten materi yang disampaikan oleh pemateri dimulai dari pengenalan terhadap jenis surat berdasarkan fungsi dan ranahnya (internal dan eksternal), prosedur pembuatan surat, hal-hal yang acapkali menjadi fallacy, dan masih banyak lagi.

Para fasilitator,  dalam menilai terupgradenya pemahaman kader yang merupakan salah satu tujuan dibuatnya kelas ini, menggunakan metode banding yaitu dengan mempersilahkan para peserta untuk menorehkan pemahamannya tentang kesekretariatan dan pentingnya softskill administrasi kelembagaan sebelum materi-materi mulai dikabarkan. Dan setelah kelas selesai, para fasilitator kembali menginisiasi para peserta untuk menuliskan apa yang telah mereka dapatkan di kelas tersebut.  (oleh: M. Thorgib Zulfikar)

2 comments on “Kelas Kesekretariatan”

  1. A.feby akrisa rimadani Reply

    saya juga turut interest masalah kesekretariatan dan kebetulan saya dulu anak administrasi perkantoran.. so if i can i will participate too..

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar